Apa Hukum Membaca Surat Yasin Malam Jumat


Siapa yang membaca surat yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan allah maka diampuni dosa dosanyahr. At thabrani dan al bayhaqidari abu hurairah ra.






Kapan Waktu Yang Tepat Membaca Al Kahfi Di Hari Jumat Konsultasi





Kontroversi Kebid Ahan Membaca Surat Al Kahfi Di Malam Jum At





Derajat Hadits Fadhilah Surat Yasin Sebuah Perjalanan





Apakah rasulullah saw menganjurkannya dan para sahabat pernah mencontohkannya.




Apa hukum membaca surat yasin malam jumat. Nak baca yasin boleh je malam jumaat ke malam apa ke tetapi pendustaan atas rasulullah saw tidak boleh di lakukan. Selepas maghrib rumah rumah masjid dan mushalla ramai dengan lantunan surat yasin baik dengan sendiri sendiri maupun berjamaah. Malam jumat disunnahkan baca surat al kahfi bukan surat yasin.



Sebagian umat islam indonesia biasa mendawamkan baca yasin bersama tiap malam jumat dikenal dengan istilah yasinan. Membaca surat yasin pada malam jumat menjadi tradisi yang melekat pada masyarakat melayu seperti indonesia dan malaysia. Al hamdulillah segala puji bagi allah rabb semesta alam.



Berangkat dari penjelasan ini maka memang benar bahwa hukum membaca surat al kahf pada hari jumat itu adalah sunnah. Lantas apa hikmah yang dapat kita ambil atau hubunganya membaca surat al kahfi dengan hari jumat. Muqaddimah kebanyakan kaum muslimin membiasakan membaca surat yasin baik pada malam jumat ketika mengawali atau menutup majlis talim ketika ada atau setelah kematian dan pada acara acara lain yang mereka anggap penting.



Bagaimana hukum baca quran surat yasin malam jumat. Di sini kami tidak sedang ingin menghujat atau tunjuk hidung orang yang membaca surat yasin pada malam jumat secara personil apatah lagi dengan pukulan rata. Saking seringnya surat yasin dijadikan bacaan di berbagai pertemuan dan kesempatan sehingga mengesankan al quran itu hanyalah berisi surat yasin saja.



Bidah sunah atau mubah saja. Siapa yang membaca hamiim yang didalamnya disebutkan ad dukhan maka pada pagi harinya ia dalam keadaan diampuni. Jd itulah harapan ana pada anta supaya membuang hadis yang palsu itu.



Membaca surat yasin pada malam jumat menjadi tradisi yang melekat pada masyarakat melayu seperti. Dalam riwayat at thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Thanksjgn marah karana ana menegur.



Hukum membaca surah yasin pada malam jumaat. Tentang keutamaan membaca yasin ini telah diriwayatkan oleh abu yala dari abu hurairoh bahwa rasulullah saw bersabdasiapa yang membaca surat yasin pada suatu malam maka pada pagi harinya ia dalam keadaan diampuni. Hukum membaca al quran surat yaasin pada malam jumat.



Sebab terdapat riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat al kahf maka akan dilindungi dari fitnahnya dajjal. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada rasulullah shallallahu alaihi wasallam keluarga dan para sahabatnya serta umatnya hingga akhir zaman. Kita mengetahui umat islam di indonesia biasa membaca surat yasin pada malam jumat banyak yang mendawamkan untuk membacanya.



Namun ingin sekedar mengungkap tuntunan sebenarnya yang datang berdasarkan hadits nabi shallallahu alaihi wasallam dan para ulama dalam hal pilihan surat yang dibaca pada malam jumat. Terekam dalam benak bahwa ini adalah amal yang benar benar disyariatkan dan memiliki pahala besar.






Mengkhususkan Baca Yasin Malam Jumat Tidak Haram





Malam Jumaat Yasin Atau Al Kahfi Ramai Yang Salah Faham Limau Madu





Lebih Utama Baca Yasin Tiap Jum At Atau Al Kahfi Ust Khalid





Apa Hukum Membaca Surat Yasin Malam Jumat Apa Hukum Membaca Surat Yasin Malam Jumat Reviewed by suherman on December 03, 2018 Rating: 5

No comments: