Apa Hukumnya Membaca Al Quran Saat Haid


Anda bisa mengikuti pendapat yang mana. Hadist ini menunjukkan bolehnya wanita yang haid membaca al quran karena membaca al quran termasuk amalan yang paling utama dalam ibadah haji dan nabi shallallahu alaihi wa sallam telah membolehkan bagi aisyah semua amalan kecuali thawaf dan shalat dan seandainya haram baginya membaca al quran tentunya akan beliau terangkan sebagaimana.






Teh Ninih Saudariku Dalam Hal Ini Para Ulama Berbeda فيسبوك





Hukum Wanita Haid Berdzikir Dan Membaca Al Quran





Hukum Membaca Alquran Bagi Orang Junub Wanita Haid Dan Nifas





Melarang wanita haid membaca al quran menjadikan mereka kehilangan pahala yang banyak bahkan bisa saja mereka kehilangan hafalannya.




Apa hukumnya membaca al quran saat haid. Ketika mengalami haidh tersebut ia tentu terhalang untuk membaca al quran sehingga waktunya berkurang untuk mengkhatamkan al quran sebulan ramadhan. Karena sebagian ulama berpendapat bahwa wanita yang sedang haid tidak boleh membaca al quran. 1 membaca mushaf saat haidh namun tidak menyentuh secara langsung.



Sudah maklum diketahui bahwa para wanita di zaman rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga haid dan tidak ada dalil pelarangan bagi mereka untuk membaca al quran. Berikut ada solusi yang baik untuk para wanita ketika menghadapi masalah ini. Kemu dian berhajilah dan lakukan apa yang dilakukan oleh orang yang berhaji kecuali tawaf dan shalat hr sl bukhari dan muslim dari jabir bin abdillah.



Apabila tidak ada satu pun dalil yang shahih yang melarang perempuan haid membaca ayat ayat al quran maka hukumnya dikembalikan kepada hukum asal tentang perintah dan keutamaan membaca al quran secara mutlak termasuk perempuan haid. Nadia nur fadila mahasiswi fakultas kedokteran universitas brawijayaprogram studi kebidanan tahun 2016. Sedangkan dalam masalah ini tidak ada dalil yang shahih yang melarang wanita haid untuk membaca al quran.



Solusi bagi wanita membaca al quran saat haid. Sedangkan aisyah saat itu sangat membutuhkan penjelasan dari nabi shallallahu alaihi wa sallam apa yang boleh dan terlarang baginya. Berikut ini beberapa solusi membaca al quran bagi wanita haid.



Assalamualaikum ustadz bagaimana hukumnya perempuan yang sedang berhalangan haid murojaah al quran atau melantunkan ayat ayat suci al quran tanpa memegang atau membukanya. Lalu bagaimanakah hukumnya jika seorang wanita ingin membaca alquran di saat haid bolehkan ia melakukannya. Syekh al albani menjelaskan hadis ini menunjukkan bolehnya wanita yang haid membaca alquran.



Karena kalau membaca al quran terlarang bagi perempuan haid tentu nabi shallallahu alaihi wa sallam telah menjelaskannya kepada aisyah. Tidak ada yang salah atau benar karena memang belum ada hadist atau ayat yang melarang langsung. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas ikuti penjelasan berikut ini.



Sedangkan dalam madzhab abu hanifah dan dari riwayat yang masyhur dari madzhab syafii dan ahmad lihat kitab majmu fatawa ibnu taimiyyah 21459 dikatakan bahwa tidak mengapa wanita yang haid membaca al quran. Sedangkan yang selainnya boleh termasuk membaca al quran. Demikian juga seorang wanita boleh melaksanakan ibadah apabila ia dalam keadaan suci atau tidak sedang dalam masa haid atau menstruasi.



Membaca masih dibolehkan bagi wanita yang berhadats. Dari penjelasan diatas tentunya anda sudah paham apa itu hukum membaca al quran bagi wanita haid. Di antaranya yakni sabda rasulullah saw kepada aisyah ra.






Hukum Baca Al Qur An Dan Zikir Dalam Kondisi Hadats





Membaca Al Quran Ketika Haid ᴴᴰ I Ustaz Anwar Hussain





Hukum Wanita Haid Membaca Al Quran Muslimah





Apa Hukumnya Membaca Al Quran Saat Haid Apa Hukumnya Membaca Al Quran Saat Haid Reviewed by suherman on February 05, 2019 Rating: 5

No comments: